Pak Warko Semangatnya Layak Ditiru Anak Muda Cindaga - Desa Cindaga

Pak Warko Semangatnya Layak Ditiru Anak Muda Cindaga

 

Pak Warko Bengkel Motor Wungubanjeng

Namanya Warko biasa dipanggil Pak Warko Bengkel, maklum Pak Warko memang mempunyai usaha jasa servis motor di bengkelnya yang terletak di sebelah barat perempatan grumbul wungubanjeng desa cindaga yang masuk wilayah Kadus 2.

Sekilas Pak Warko seperti kebanyakan warga desa cindaga lainnya, orangnya ramah dan cenderung agak pendiam, namun dibalik penampilannya yang sederhana, Pak Warko adalah sosok pekerja keras dan pembelajar yang tangguh.

Penulis yang secara kebetulan bertemu Pak Warko ketika sedang menarik iuran bulanan Cindaga Resik, awalnya hanya berniat sambil menservis motor ( ganti oli ), namun setelah ngobrol sekilas tentang awal mula perjalanan usahanya dibidang jasa perbengkelan motor, sepertinya ada yang menarik untuk digali lebih lanjut, barangkali dari cerita perjalanan bisnisnya tersebut bisa memotivasi generasi muda di Desa Cindaga terutama yang masih nganggur.

Pak Warko mengisahkan dulu sebelum memulai membuka usaha bengkel motor, sebenarnya sedari kecil memang sudah menyukai dunia otomotif khususnya motor. Dari kecintaanya terhadap bidang otomotif motor, dirinya merasa terpacu untuk mempelajari dan menguasai ilmu tentang mesin motor.

Akhirnya sekitar tahun 1993 Pak Warko memutuskan untuk ikut pelatihan atau kursus montir  selama 3 bulan di LPK Harapan Mandiri Purwokerto yang terletak di sekitar terminal bus lama.
Harapan Pak Warko dengan mengikuti pelatihan montir tersebut, nantinya bisa buat bekal untuk membuka usaha bengkel motor.

Untuk mengasah ketrampilannya, Pak Warko memutuskan untuk merantau ke ibukota Jakarta, dengan bekerja sebagai teknisi atau montir di sebuah Bengkel Motor, hal itu dijalaninya selama hampir 2 tahun yaitu antara tahun 1994 hingga tahun 1996.



Berbekal pengalaman selama bekerja di bengkel motor yang ada di Jakarta, pada tahun 2001 Pak Warko dengan tekad bulat dan bermodal keyakinan serta ketrampilan memberanikan diri membuka usaha bengkel motornya untuk yang pertama kali di tempat yang sekarang yang terletak di wilayah RT 02 RW 08 Grumbul Wungubanjeng Desa Cindaga Kecamatan Kebasen Kabupaten Banyumas Jawa Tengah.

Alhamdulillah bengkel motornya makin hari makin dikenal oleh masyarakat cindaga dan sekitarnya, dari jerih payah dan keuletannya kini bengkelnya semakin maju dan berkembang, tanpa harus mengandalkan bantuan pemerintah. Secara tidak langsung Pak warko membuktikan kemandirian ekonomi warga desa yang tetap eksis walaupun diterpa berbagai krisis.

Hebatnya lagi, Pak Warko secara pendidikan formal hanya mengenyam bangku sekolah cuma sampai SMP saja, namun secara skill dan pengalaman yang dimiliknya tak perlu diragukan lagi, gak kalah sama lulusan SMK Otomotif.



Nah, dari tulisan ini penulis berharap kepada segenap generasi muda cindaga agar tetap semangat dan selalu mau belajar agar ketrampilan dan ilmunya semakin meningkat, sehingga nantinya bisa menjadi bekal untuk bekerja atau berwirausaha. Jangan minder pendidikannya tidak sampai kuliah, insyaa Allah asalkan punya kemauan dan keuletan serta mau bekerja keras, kesuksesan pasti akan menjadi milik kalian.

Demikian kiranya, liputan tentang warga cindaga inspiratif ini penulis haturkan, semoga bermanfaat untu kita berbuat. Aamiin.

Salam Mbangun Desa !





Ingin selalu mengikuti info desa ?

Masukan alamat email anda untuk berlangganan berita

Terima Kasih atas kunjungan anda ke website Desa Cindaga. Dukungan dan partisipasi aktif anda sangat kami perlukan untuk meningkatkan kualitas layanan kami. Jangan lupa follow and subscribe ya...